Manajemen Personalia adalah perencanaan, pengorgnisasian, pengarahan, dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perseorangan. Hal yang berhubungan dengan manajemen personalia diantaranya:
- Penerimaan Pegawai
- Analisis Jabatan
- Seleksi penerimaan pegawai
- Pelatihan dan pendidikan
- Penilaian Pegawai
Pegawai sebagai bagian dari perusahaan harus dinilai atas prestasi dan kemampuannya dalam melakukan pekerjaan. Penilaian harus didasarkan atas sikap objektif. Penilaian baik tidaknya seseorang dalam melaksanakan pekerjaan sebaiknya ditentukan oleh kemampuan orang tersebut menjabarkan pekerjaan demi tujuan perusahaan
- Promosi dan Mutasi
- Pertimbangan untuk memberhentikan: Ada beberapa alasan untuk memberhentikan karyawan diantaranya: a) Sering melakukan pelanggaran dengan sengaja b) tidak dapat bekerjasama dengan orang lain c) tidak memilii kemampuan
- Dipindahkan ke lingkup pekerjaan yang lebih sempit: Tindakan dilakukan sebagai akibat kesimpulan penilaian terhadap seseorang yang dianggap tidak mampu lagi mengisi jabatan lama yang lingkupnya luas
- Dipindahkan ke jabatan lain: Tindakan dilakukan karena seseorang tidak cocok pada jabatan yang sekarang
- Promosi: Pemberian kepercayaan pada seseorang untuk mennduduki jabatan yang lebih tinggi
- Motivasi
Komentar
Posting Komentar