Langsung ke konten utama

Tiga Tahun yang...... (part 2)

2016 merupakan tahun terbaik dalam hidup gua. Karena di tahun tersebut, banyak hal yang gak gua sangka-sangka terjadi, diantaranya
Unforgettable experience with Bukan Orang Biasa, waktu itu pas bukber (21 Juni 2016) gua dikasi surprise sama mereka karena hari itu ulang tahun gua juga
  • 21 Juni 2016, Squad "Bukan Orang Biasa" mulai dibentuk empat teman SMP (termasuk gua) untuk curhat dan saling support satu sama lain. Seiring dengan berjalannya waktu, squad ini nambah dua orang, dan kedepannya kita ada planning buat ketemuan lagi. And yes that's my second family 
  • September 2016, Squad "Litabilate" yang dibentuk oleh lima orang (termasuk gua) awalnya dibentuk untuk kelompok belajar doang, IMHO, lama kelamaan squad ini berkembang dah jadi kayak second family, sama dengan "Bukan Orang Biasa"
Permulaan kelas 12, gua mulai memikirkan mana saja kampus impian gua. Saat itu terbesit dalam pikiran gua UI, UNDIP, UGM, UNSOED. Tetapi pemikiran tersebut hanya sebentar, karena waktu gua terus tersita akan banyaknya kegiatan sekolah, dan bimbel. Kadang gua berusaha untuk menghadapi semua tantangan tersebut. Berbagai cara seperti curhat ke temen dekat gua lakukan

Menjelang akhir 2016, gua memutuskan untuk bergabung ke Voicestra74 (Paduan Suara)
for the first, and the last time. Gua hanya take part ketika ngisi satu acara doang disaat itu
Selain cara-cara tersebut, gua berusaha untuk menanamkan prinsip "Have Fun in a Perfect Situation". Makanya tiap kali gua ada momen sama temen-temen gua, gua manfaatkan sebaik-baiknya momen tersebut untuk stress relief, dan melepas banyak "hormon endorfin" biar gua kalem terus menerus

2016, tahun terakhir have fun. Ini foto waktu lomba senam
Seiring dengan berjalannya waktu, gak terasa udah tahun 2017, disinilah "perang" dimulai, maksudnya perang melawan latihan soal buat nanti bertempur ketika UN, USBN / US, ataupun SBMPTN. Di awal tahun, gua berpikir untuk bersaing dengan salah satu teman gua. Tetapi, setelah gua utarakan pikiran tersebut kepada teman salah satu squad gua, dia berkata

"Buat apa lu bersaing dengan orang lain? Mending improve your skill daripada kaya gitu, tar nyesel di belakang"

Akhirnya, gua mengurungkan niat untuk bersaing dengan orang lain, gua terus fokus dengan memperbaiki ribuan kelemahan gua. Gak disangka saat Februari, gua mendapatkan kuota untuk seleksi SNMPTN, dan gua memilih UI jurusan Ilmu Sejarah sebagai tujuan gua selanjutnya, meskipun orang lain mem-blacklist nama gua ketika pemetaan jurusan. Gua terus berusaha untuk melaju kedepan tanpa menghiraukan omongan-omongan tersebut

Dukungan terus mengalir bagi gua, tetapi gua juga memiliki komitmen lain. Jika gua lolos seleksi SNMPTN, gua harus berusaha untuk membantu banyak teman gua dalam mempersiapkan diri mereka untuk SBMPTN. Meskipun begitu, gua terkadang sering takut tidak lolos SNMPTN, maka gua harus menghadapi SBMPTN. Dan ketika gua gua ceritakan rasa takut itu, mereka hanya berkata

"Gua yakin lu tembus tang"

Gua rasa mereka benar, intensitas belajar SBMPTN gua sedikit menurun, meskipun gua rajin ikut tryout SBMPTN bersama teman gua. Pada akhir Februari, gua berusaha mempersiapkan UPRAK / USBN / US / UN, karena itu jam tidur gua menjadi berantakan dan cukup sering gua tidur jam 11. Gua sempet kena marah sama Mama, karena jam tidur gua tidak teratur (yang biasanya tidur jam 9). Jujur aja, cara belajar gua juga saat itu mulai berubah, setiap malam terkadang gua sama temen squad gua learning by phone

One of the best UPRAK in my life, ketika kita semua make "business suit" buat ujian
membaca berita
Selain belajar segiat mungkin, hal yang tidak boleh absen adalah ibadah. Setiap selesai sholat, gua berdoa agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan setiap soal, dan diberi kemudahan dalam belajar. Dan gua tahu, bahwa semua sudah direncanakan olehNya, maka daripada itu semua harus dijalani baik yang manis atau pahit. Setelah semua ujian gua tempuh, akhirnya gua punya gap untuk bersantai, dan pasrah kepadaNya terhadap hasil gua nanti. Menjelang hari pengumuman SNMPTN, rasa panik gua meningkat... 

Tanggal 26 April, saat itu gua baru selesai bimbel. Dan menunggu dengan cemas akan pengumuman SNMPTN, ketika gua diberi kabar untuk segera membuka websitenya, gua menjadi panik... Tapi rasa panik gua akhirnya reda setelah gua membuka website SNMPTN, hasilnya adalah LOLOS UI ILMU SEJARAH. Dan salah satu teman squad gua juga berhasil diterima di UI, Sastra Belanda

Alhamdulillah, gua sangat bersyukur karena bisa mewujudkan cita-cita dan membahagiakan semua orang terdekat gua. Dan setelah itu juga, gua mendapat beberapa OA dari temen gua yang kuliah di UI, selain itu juga, gua mulai gabung ke grup LINE angkatan Jurusan Sejarah 

Ketika gua kembali ke sekolah untuk mengurus berkas, gua sempat melihat beberapa teman gua dengan raut muka yang sedih..... Ya jujur aja deep inside my heart, I felt that "kenapa mereka gak lolos?". Lantas gua berkata kepada mereka

"Lolos atau nggak, setidaknya lu sudah berjuang. Kalian harus semangat ikut SBMPTN. Kan beberapa dari kalian ada yang mau nyusul kita berdua ya ayo semangat. Gua tau kalian bisa"

Segala macem hal buat masuk kampus gua berusaha hadapi, mulai dari ngasi berkas UKT, verifikasi nilai, sampai daftar ulan gua hadapi dengan serius tetapi santai

Tetapi, gua akan berpisah dengan sekolah yang sudah membesarkan gua selama tiga tahun kebelakang, gua akan berpisah dengan mereka semua teman-teman SMA yang saling pengertian, hal tersebut membuat gua merasa sedikit sedih. Tetapi gua berusaha untuk menghadapi semuanya dengan tenang

Gak lama setelah itu, Graduation Day pun tiba. Our squad took a lots of photos on that day. Not only our squad, but our class too. Gua juga gak lewatin momen tersebut buat foto berdua dengan beberapa teman gua

I think that's the last photo with Litabilate squad
Saat itu pula menandakan perpisahan dengan squad, ataupun temen sekelas gua..... Ya jujur aja gua ingin berkata "It's a goodbye for us", tetapi gua cuma punya satu keinginan kalo kita harus inget satu sama lain dan keep contact.
Probably the last time before some persons in the photo "split up"
Well, ada banyak missing link sih dalam cerita ini, mungkin juga kurang banyak foto wkwkw. But nevermind karena gua berusaha mengungkapkan apa yang gua punya sekarang ini. Sebelumnya, gua mau bilang terima kasih kepada semuanya yang sudah support gua selama tiga tahun, terima kasih buat sekolah sama guru-guru, dan tak lupa gua harus tetap bersyukur kepada Allah SWT. Karena tanpa bantuanNya, TIGA TAHUN YANG SPEKTAKULER tidak akan terjadi. For the closing statement.... let me say

"I knew that maybe some of you felt stressed because you don't achieve what you wanted for. But you've done your job greatly, and i'm proud of you guys. Although sometimes i got mad at you, i'm still a nice person. Enjoy your day, see you on the top"

TAMAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadi Maba Part 1 (OKK UI 2017)

"Nikmatilah masa maba lu sebelum berakhir"   -Kating Kali ini gua akan berbagi cerita ketika gua masih menjadi maba di salah satu kampus. Ini ceritanya Tahun 2017, selepas SMA. Gua lolos SNMPTN di jurusan yang gua inginkan seperti mimpi gua, gua berhasil lolos di Ilmu Sejarah FIB UI. Dan mungkin rasanya excited ketika mimpi lu tercapai. Cuman ya ada beberapa hal yang gua mau share ke para pembaca kali ini Setelah pengumuman, gua dapet notification bahwa gua udah diinvite ke grup line jurusan gua, disitu gua bertemu beberapa teman gua, dan dibantu oleh kating-kating yang ada di grup buat bantu ngurus berkas. Selain di grup, gua bersama teman-teman gua yang diterima di UI saling bantu ngurus berkas BOP, sama berkas raport bareng-bareng buat verifikasi sama daftar ulang. Setelah daftar ulang, ada acara namanya Welmab, disitu gua sebagai maba (sama temen-temen lainnya) disambut sama kating jurusan masing-masing. Saat Welmab itu juga, gua ketemu buat pertama

Heckler & Koch G3

G3 adalah senapan tempur / battle rifle yang diproduksi oleh Heckler & Koch Firearms ( Jerman ). Senapan ini dirancang pada tahun 1950 oleh Mauser, CETME, dan Heckler & Koch,   sebelum digunakan di Jerman, senapan ini sempat dipakai dan diuji coba di spanyol dengan nama CETME Modelo A. Pada tahun 1964, G3 resmi diproduksi oleh Rheinmetall dan Heckler & Koch menggantikan G1 ( Varian FN FAL ). Baru berlangsung sebentar, di tahun 1969 Rheinmetall berhenti memproduksi G3 untuk memenuhi permintaan Heckler & Koch yang tidak bisa memproduksi MG3 ( Maschinengewehr 03 ). Barulah pada tahun 1977, Heckler & Koch resmi menjadi pabrik resmi pembuat G3 untuk menggantikan Rheinmetall. Varian G3 yang paling umum digunakan adalah G3 dengan varian berikut: G3A3: merupakan varian G3 yang telah di-improvisasi dari versi sebelumnya ( G3 ). G3A3 memiliki beberapa fitur seperti drum iron sight, buttstock / popor tetap yang terbuat dari plastik, dan handguard yang terbuat dari plas

FAMAS

FAMAS ( Fusil d'Assaut de la Manufacture d'Armes de St-Etienne)  adalah  senapan serbu   menggunakan amunisi  5,56 x 45 mm  berkonfigurasi  bullpup  yang dirancang dan diproduksi perusahaan senjata MAS (Manufacture d'armes de Saint-Étienne berlokasi di kota  Saint Étienne . Proyek FAMAS dimulai tahun 1967 dibawah arahan Paul Tellie, dan prototype pertama selesai tahun 1971, setelah tahun 1978. FAMAS resmi menjadi senapan utama militer Prancis menggantikan MAT-49 dan MAS-49. Varian pertama yang diproduksi adalah F1, sudah ada 400.000 Unit diproduksi. Varian ini memiliki banyak kelemahan mulai dari bagian plastik yang lemah hingga weapon jamming . Varian F1 dapat berubah konfigurasi menjadi: FAMAS Infanterie: Konfigurasi ini menggunakan tambahan reflex sight dan railing Varian selanjutnya adalah FAMAS G2. Varian ini memiliki hand guard  dibawah muzzle, trigger guard  yang lebih besar, dan merupakan standar NATO dengan karakteristik menggunakan STANAG magazine. Dapa